MUSRENBANG NAGARI TABEK 2013

Tinggalkan komentar

15 Februari 2013 oleh lpmnagaritabek

MUSRENBANG NAGARI TABEK 2013

Puji Syukur Kehadirat Allah SWT, atas Izin-Nya, pada hari Kamis/13 Februari 2013, akhirnya Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) Nagari Tabek Tahun 2013 telah terlaksana dan berjalan dengan lancar.

Bertempat Balairung Sari Tabek , terlihat kerumunan masyarakat Nagari Tabek yang datang untuk mengikuti jalannya musyawarah pembangunan ditingkat nagari. Ini merupakan wujud tingginya animo dan kepedulian masyarakat Nagari Tabek untuk ikut berperan dalam kegiatan pembangunan nagari. Pertemuan yang dihadiri oleh Camat Pariangan beserta Muspika Tim Pembina Musrenbang Pemerintahan Kabupaten Tanah Datar , Wali Nagari Tabek , Ketua dan Pengurus BPRN, KAN, LPM, FKPM, PKBM, UPK PNPM-PD, Lembaga Unsur (Alim Ulama, Niniak Mamak, Cadiak pandai, Bundo Kanduang, Pemuda) Nagari Tabek , Kapolsek dan Danramil Pariangan, Kepala Sekolah PAUD, TK, SD , MTs, SMP 3 dan TPA-TPsA se-Nagari Tabek , Pengurus Masji/Surau/Mushalla, Bidan-bidan se-Nagari Tabek , Wali Jorong Tabek dan Bulukasok, Kader-kader Nagari Tabek, Pengurus Kelompok Tani, dan juga terlihat beberapa Tokoh Penting Nagari dan anggota DPRD Tanah Datar (Drs. H. Dafrizal) dan Anggota DPRD Propinsi Sumatera Barat (D. Datuak gamuak, S.IP) yang turut hadir untuk mendukung kegiatan musyawarah kegiatan pembangunan ini.

Kegiatan Musrenbang ini juga merupakan salah satu tugas pokok LPMN Nagari Tabek. LPMN Nagari Tabek yang dibentuk struktur kepengurusan yang baru tahun 2012 lalu, setelah kepengurusan LPMN sebelumnya telah habis masa jabatannya, terlihat aktif dalam mendukung kegiatan musyawarah ini.

Musyawarah yang dipimpin oleh Kaur Umum Nagari Tabek (Adriatel, MD) meskipun setelah sholat zuhur diguyur hujan deras, namun kegiatan berjalan cukup hangat dan lancar sampai jam 15.30 WIB. Persiapan yang matang untuk musyawarah ini telah dilakukan jauh hari oleh pemerintahan Nagari Tabek bekerjasama dengan LPMN Nagari Tabek. Dimana hasil dari kegiatan ini adalah adanya rencana pembangunan Nagari Tabek, baik yang didanai dari APBN, APBD, PNPM dan Swadaya Masyarakat yang betul-betul mencerminkan kebutuhan masyarakat Nagari Tabek dengan pertimbangkan skala prioritas pembangunan di Nagari dan juga yang mengacu kepada RPJM Nagari Tabek, semua itu dibahas dalam tiga kelompok, yakni Kelompok Pembangunan Fisik/Sarana Prasarana, Kelompok ekonomi, dan kelompok Sosial Budaya (Pendidikan, Aagama, Adat, Kesehatan, Pariwisata, Sosial kemasyarakatandan Budaya).

Berdasarkan pengalaman empiris, beberapa program pemberdayaan masyarakat, memiliki banyak keunggulan antara lain : (1). Meningkatnya kemampuan masyarakat (Kampung dan perantau) dalam mengelola kegiatan pembangunan di Nagari (2). Partisipasi dan swadaya masyarakat (Kampung dan perantau) dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan cukup tinggi (3). Hasil dan dampaknya khususnya dalam penanggulangan kemiskinan cukup nyata (4). Biaya kegiatan pembangunan relatif lebih murah dibandingkan jika dilaksanakan oleh pihak lain; (5) keterbukaan dalam pengambilan keputusan dan pengelolaan keuangannya cukup kuat. (M.Novi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: